20 Wakil Rakyat Bolsel Hasil Pemilu 2024-2029 Resmi Dilantik

CoverMongondow, Advertorial Sebanyak 20 Anggota DPRD Kabupaten Bolsel terpilih, hasil Pemilihan Legislatif 14 Februari 2024 lalu akhirnya resmi dilantik tepat hari ini, Rabu (11/24).

Prosesi pelantikan yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji Anggota DPRD Kabupaten Bolsel untuk periode 2024-2029 itu digelar lewat Paripurna terbuka, bertempat di ruang sidang paripurna, DPRD Kabupaten setempat.

Rapat paripurna tersebut di pimpin oleh Ketua DPRD Bolsel periode 2019-2024, Ir. Arifin Olii, bersama Wakil Ketua, Salman Mokoagow, dan dihadiri oleh Bupati, H Iskandar Kamaru S.Pt, M.Si bersama Wabup, Deddy Abdul Hamid serta Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Jifly Z. Adam SH, MH.

Paripurna diawali dengan peresmian pemberhentian dengan hormat anggota DPRD Kabupaten Bolsel untuk masa jabata 2019-2024.

Dan selanjutnya, peresmian dan pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Bolsel untuk masa bakti 2024-2029, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 479 Tahun 2024, yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD, La Ode Sahyuddin.

Sementara dalam prosesi pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Bolsel, dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Jifly Z. Adam SH, MH.

Usai pengucapan sumpah dan janji, sebagaimana ketentuan maka dipilihlah dua pimpinan sementara DPRD Kabupaten Bolsel.

Menariknya, untuk Ketua DPRD Bolsel sementara kembali dipimpin oleh Ir Arifin Olii dari partai PDI-P, dan untuk Wakil Ketua sementara yakni Ridwan Olii dari partai Golkar.

Tugas dari kedua pimpinan sementara DPRD Kabupaten Bolsel sendiri yakni memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi dan pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

Sidang paripurna pun dilanjutkan dengan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang dibacakan oleh Bupati Bolsel, H Iskandar Kamaru S.Pt, M.Si.

Dimana Mendagri berharap kepada para anggota DPRD Kabupaten dan Kota yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas dan tangungjawabnya, serta dapat membangun sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah.

“Menjadi representasi masyarakat, tentu menjadi tangungjawab yang besar bagi seorang anggota DPRD untuk dapat bekerja maksimal dalam mengawal aspirasi masyarakat, maka perlu adanya sinergitas yang baik dengan pemerintah,” ujar Bupati menyampaikan sambutan Mendagri.

Diakhir sambutannya, Bupati melawakili Pemerintah, Masyarakat dan pribadi mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Bolsel yang resmi dilantik, dan selamat menjalankan tugas sebagai wakil rakyat untuk masa bakti 2024-2029.

Sidang paripurn pelantikan anggota DPRD Kabupaten Bolsel untuk periode 2024-2029 ini turut dihadiri oleh Sekda, unsur forkopimda, para Asisten Setda, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat, Sangadi, para tokoh masyarakat, pemuda, LSM, keluarga dan kerabat para anggota DPRD, serta masyarakat.

Peliput: R1