HEADLINE
Wajah Jalan Desa Bakan akibat dari Dampak Banjir Bandang dan Longsoran Batu Matrial/Kayu Besar dari Lokasi Pertambangan Site Bakan PT. J'Resources.
Wajah Jalan Desa Bakan akibat dari Dampak Banjir Bandang dan Longsoran Batu Matrial/Kayu Besar dari Lokasi Pertambangan Site Bakan PT. J'Resources.

Hujan Deras Guyur Bolmong dan Sekitarnya, Desa Bakan Tampung Banjir Bandang dan Longsoran Matrial dari PT. J’Resources

Berikut Video Amatir Warga Banjir Bandang dan Longsoran Matrial di PT. J’Resources Site Bakan dan di Desa Lingkar Tambang;

CoverMongondow, Nasional – Sekira hampir 20 tahun lebih melakukan Eksplorasi besar-besaran di lokasi Site Bakan, PT. J’Resources lagi-lagi dibuat apes dengan kejadian Banjir bandang dan Tanah Longsor yang terjadi di beberapa titik mulai dari site hingga masuk ke perkampungan Desa Bakan, Selasa (13/24) siang kemarin.

Kejadian Banjir Bandang dan Tanah Longsor tersebut, diakibatkan beberapa hari terakhir ini, hujan dengan intensitas deras yang terus menerus menguyur wilayah Bolaang Mongondow dan sekitarnya, terkhusus di Sita Block Bakan PT. J’Resources.

Pantauan media ini, Lokasi bajir dan longsoran matrial terparah ada di akses-akses jalan penghubung perusahaan, yakni di titik-titik lokasi site.

Samahalnya dari video-video yang didapat oleh media ini dari warga sekitar, memperlihatkan situasi kerusakan parah yang diakibatkan terjangan banjir bandang dan longsoran matrial di lokasi site bakan PT. J’Resources.

Akibat dari kejadian alam tersebut juga, warga katakan bahwa ini sudah murka alam terhadap PT. J’Resources atas aktifitasnya yang sudah tidak lagi mengedepankan keselamatan pemukiman warga lingkar tambang.

Jalan Lintas Provinsi Penghubung Antara Bolse, Bolmong dan Kotamobagu Rusak Parah (Putus) akibat Banjir Bandang dan Lonsoran Batu/Kayu Besar yang diduga dari PT. J'Resources Site Bakan.
Jalan Lintas Provinsi Penghubung Antara Bolse, Bolmong dan Kotamobagu Rusak Parah (Putus) akibat Banjir Bandang dan Lonsoran Batu/Kayu Besar yang diduga dari PT. J’Resources Site Bakan.

Kata warga yang tak ingin namanya dipublish, sudah beberapa kali desa kami, Desa Bakan Red dilanda air banjir kiriman dari lokasi site bakan, dan kemarin itu adalah banjir yang terparah, karena dampaknya di hampir seluruh titik desa bakan dan desa lainnya.

“Contohnya jembatan penghubung antara jalur Bolsel-Bolmong dan Kotamobagu yang berada di matali baru putus akibat terjangan banjir bandang yang disertai longsoran batu kayu besar dari gunung yang diduga berlokasi di site bakan PT. J’Resources,” ungkap warga.

Seharnya Pemerintah Daerah, Provinsi dan terlebih Pusat kata warga, harus pekah dengan kejadian yang sudah berulang-ulang kali yang dirasakan warga lingkar tambang ini.

“Pemerintah dan APH harus tanggap, kami juga membayar pajak untuk kesejahteraan dan kenyamanan kami, jangan karna hanya beda nominal antara investasi dan pajak masyarakat terus rakyat yang dikorbankan,” pungkasnya.

Terpantau ada juga sejumlah video amatir dan foto yang diambil warga saat kejadian banjir bandang dan tanah longsor dilokasi-lokasi PT. J’Resources dan desa lingkar.

Peliput/Editor: Rian Th.