HEADLINE

Dalam Sehari, Olii Ketuk Empat Agenda Paripurna di DPRD Bolsel

CoverMongondow, Advertorial Dalam sehari, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolsel memparipurnakan empat agenda penting daerah sekaligus, Kamis (01/24).

Empat agenda yang diparipurnakan yakni, Paripurna Tahap I atas Penyampaian Rancangan Perubahan KUA dan Rancangan Perubahan PPAS tahun anggaran 2024, Pembicaraan I atas 7 Ranperda Inisiatif DPRD, Paripurna Tahap II atas Penetapan KUA dan PPAS tahun anggaran 2025, serta Pembicaraan Tingkat II atas Penetapan 3 Ranperda usulan eksekutif.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ir. Arifin Olii dan dihadiri oleh Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi bersama jajaran eksekutif, anggota DPRD dan forkopimda.

Bupati Iskandar Kamaru mengatakan, dalam rancangan perubahan KUA-PPAS tahun anggaran 2024, Pemerintah Daerah tetap menyelaraskan arah kebijakan pembangunan daerah dengan arah pembangunan nasional dalam mendukung program prioritas dengan meningkatkan kualitas belanja yang lebih efektif dan terarah.

“Pemda telah menyiapkan beberapa kebijakan strategis dan program prioritas dalam menunjang kebijakan penguatan dan pemulihan ekonomi. Melalui kebijakan strategis ini pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif di angka 4,50-5,61% di tahun 2024,” ujar top eksekutif Bolsel ini.

Lanjutnya, Rancangan Perubahan APBD di tahun 2024 yang sebelumnya diproyeksikan sebesar Rp. 609,5 milyar berubah menjadi Rp. 617,9 milyar yang terdiri dari PAD, pendapatan transfer, dan pendapatan daerah lainnya.

“Untuk belanja daerah, yang sebelumnya sebesar Rp. 625,9 milyar mengalami peningkatan sebesar Rp. 676,7 milyar atau bertambah sebesar Rp. 50,7 milyar dengan rincian belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer dan untuk pembiayaan KUA tahun 2024 hanya diproyeksikan pada pos penerimaan pembiayaan daerah,” ungkapnya.

Kemudian, terkait KUA dan PPAS tahun anggaran 2025, orang nomor satu Bolsel ini menegaskan pihak eksekutif dan legislatif telah menyamakan persepsi sehingga rancangan tersebut dapat diaplikasikan sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyusun APBD di tahun 2025.

Tahun depan kita akan menyelesaikan pembangunan rumah adat, lalu akan merehab total alun-alun sebagai simbol kita di daerah. Selain itu, di kawasan pusat pemerintahan Panango kita akan menambah pembangunan gedung kantor dinas/badan. Jadi, mohon ini jadi perhatian bersama dalam penyusunan APBD 2025 nanti,” pungkas duet serasi Wabup Deddy Abdul Hamid ini.

Kegiatan Paripurna itu turut dihadiri Sekda Marzanzius Arvan Ohy, para Asisten Sekda dan Staf Ahli, para pejabat tinggi pratama, administrator, pengawas dan fungsional Pemda serta para sangadi.

Berikut empat agenda penting daerah yang diparipurnakan DPRD Kabupaten Bolsel;

  • Tahap II Penetapan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2025
  • Tahap I Penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024
  • Pembicaraan tingkat I Ranperda tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, Ranperda tentang Pengelolaan Daerah Sepadan Sungai, Ranperda tentang Penyelenggaraan UMKM, Ranperda tentang Lembaga Adat, BPD, Ranperda tentang Sistem Penyediaan Air Minum SPAM dan Ranperda tentang Pemberdayaan Sosial dan Pemberian Perlindungan Sosial Anak Terlantar
  • Pembicaraan tingkat II Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Ranperda tentang Tata Cara Penyusunan Program Peraturan Daerah dan Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah.

(Setwan/R1)