HEADLINE

Sebagian Daerah Digenangi Banjir dan Tanah Longsor, ini Gerak Cepat Bupati Bolsel Saat Pantau Lokasi

CoverMongondow, Advertorial Intensitas curah hujan tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan selang beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah titik tanah logsor dan banjir akibat luapan air sungai di sejumlah desa yang ada di daerah setempat.

Melihat kondisi itu, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi langsung bergerak cepat (Gercep) melakukan peninjauan ke titik-titik bencana alam, untuk memastikan kondisi masyarakat yang terdampak.

Peninjauan pertama dilakukan Bupati di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Pinolosian dan Pinolosian Tengah (Pinteg), Rabu (26/24) pagi tadi.

Saat itu, orang nomor satu di Bolsel tersebut turut didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy bersama sejumlah pimpinan PD terkait, Camat dan Pemerintah Desa. Bupati Iskandar melihat langsung dan berdialog dengan warga masyarakat terdampak untuk mengetahui situasi dan kondisi di lapangan.

Usai meninjau di dua Kecamatan tersebut, Iskandar Kamaru bergerak melakukan peninjauan di sejumlah titik di Kecamatan Helumo, Tomini dan Posigadan.

Di semua lokasi yang dikunjungi, Bupati Iskandar mengimbau warga masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas mengingat Bolsel saat ini sedang dilanda cuaca ekstrem.

“Saya mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati, mengingat intensitas hujan yang cukup deras belakangan ini,” ungkapnya.

“Untuk para pengendara kendaraan, saya ingatkan untuk berhati-hati karena kondisi jalan yang licin. Kepada seluruh masyarakat saya mengajak untuk mari saling bahu-membahu membantu korban yang terdampak banjir,” pinta top eksekutif ini.

“Kemudian, bagi warga masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor,” pungkasnya.

Sebagai informasi, saat meninjau situasi aliran sungai di Desa Momalia, Kecamatan Posigadan, Bupati Iskandar bersama beberapa kepala daerah lain di Indonesia yang wilayahnya terdampak bencana melakukan telekonferensi live streaming dengan pihak BNPB pusat untuk melaporkan langsung kondisi terkini di lapangan.

Setelah itu, Bupati mengumpulkan jajaran perangkat daerah terkait di rumah dinas Camat Posigadan untuk melakukan rapat evaluasi dan rencana tindaklanjut atas hasil monitoring kegiatan peninjauan.

Ia berharap, kondisi ini dapat segera diatasi, khususnya bagi masyarakat terdampak musibah banjir agar segera mendapatkan bantuan. (Kominfo/R1)